Pedoman Acara Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 Bagi Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah, Dan Guru Inti
- PEDOMAN KEGIATAN PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 BAGI PENGAWAS SEKOLAH, KEPALA SEKOLAH, DAN GURU INTI
Pedoman Kegiatan Pendampingan Implementasi K 13 Bagi Pengawas, Kepsek, Guru Inti |
Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa bahwa Pusat Pengembangan Profesi Pendidik, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan dukungan tim pengembang materi berhasil menyusun Pedoman Penyelenggaraan Kegiatan Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013. Kegiatan pendampingan implementasi kurikulum 2013 di tingkat satuan pendidikan ini merupakan bab yang tidak terpisahkan dari kegiatan Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 secara keseluruhan.
Pedoman ini menawarkan teladan umum kepada semua pihak yang terkait dengan pelaksanaan pendampingan implementasi kurikulum 2013, biar terarah sesuai dengan konsep dan nilai historis perubahan kurikulum 2013 yang berlaku secara nasional. Disamping itu, kegiatan pendampingan untuk masing-masing petugas pendamping, yaitu guru inti, kepala sekolah, dan pengawas sekolah.
Tujuan
1. Tujuan Umum
Tujuan umum Program Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 yaitu untuk menjamin terlaksananya implementasi Kurikulum 2013 secara efektif dan efisien di sekolah.
2. Tujuan khusus
a. Memberikan fasilitasi dalam implementasi kurikulum 2013 pada satuan pendidikan;
b. Memberikan pemberian konsultasi, mentoring, coaching untuk hal-hal spesifik dalam implementasi Kurikulum 2013 secara tatap muka dan online;
c. Membantu menawarkan solusi dalam menuntaskan permasalahan yang dihadapi ketika implementasi Kurikulum 2013;
Hasil yang Diharapkan
Pada tamat acara pendampingan, penerima dibutuhkan sanggup menerapkan kurikulum 2013 sesuai konsep pengelolaan pembelajaran yang diamanatkan dalam kurikulum 2013 pada jenjang dan satuan pendidikan, meliputi:
- Kurikulum 2013 tersosialisasikan kepada seluruh warga sekolah, mulai dari: rasional, elemen perubahan kurikulum menurut SKL,KI dan KD dengan banyak sekali pendekatan hingga dengan seni administrasi implementasi kurikulum 2013.
- Kurikulum 2013 diimplementasikan sesuai dengan kaidah, prinsip, makna dan mekanisme yang tercakup dalam elemen perubahan kurikulum menurut SKL, KI dan KD.
- Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) disusun menurut karakteristik dan tuntutan Kurikulum 2013
- Pembelajaran dilaksanakan dengan pendekatan dan seni administrasi pembelajaran yang tercantum dalam Kurikulum 2013
- Penerapan pendekatan dan seni administrasi evaluasi yang tercantum dalam Kurikulum 2013.
- Laporan hasil implementasi Kurikulum 2013 disusun menurut format dan outline yang dipersyaratkan.
Peserta Program Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013, terdiri atas:
guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah yang mengikuti diklat Implementasi Kurikulum 2013. Sekolah yang menjadi tenaga pendamping bagi kepala sekolah dan guru yang mengimplementasikan kurikulum 2013 sebanyak 6.325 orang dan akan menawarkan pendampingan kepada 6.325 orang kepala sekolah, serta masing-masing 1 guru yang bertugas di kelas I dan IV SD, 9 orang guru mata pelajaran yang bertugas di Kelas VII SMP, dan 3 orang guru yang bertugas di Kelas X SMA/SMK ada di satuan pendidikannya.
Selengkapnya di bawah ini.
Untuk yang memerlukan file utuh silahkan ada di bawah ini
Kami sarankan :
DOWNLOAD FREE MENYUSUN RENCANA TINDAK LANJUT (RTL) PENDAMPINGAN KURIKULUM 2013 SD/MI
Contoh Rencana Tindak Lanjut (RTL) Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 SD di Sekolah Induk Kluster
PETUNJUK PENYUSUNAN JADWAL RENCANA TINDAK LANJUT (RTL) PENGUATAN KEPALA SEKOLAH
Kepada semua pihak yang telah berperan aktif dalam penyusunan pedoman ini, kami ucapkan terima kasih dan penghargaan atas pengabdian dan sumbangan pemikirannya. Semoga pedoman ini sanggup memberi manfaat aktual dalam pelaksanaan diklat implementasi kurikulum dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.