Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 6 Halaman 42, 43, 46, 48, 49

FAST DOWNLOADads
Download

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 6 Halaman 42, 43, 46, 48, 49 - Kunci jawaban Tema 9 merupakan alternatif isian dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas 6 Menjelajah Angkasa Luar Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan Pembelajaran 4 tepatnya terdapat pada halaman 42, 43, 46, 48, 49.

Selain membahas wacana jawaban soal-soal, terdapat juga rangkuman materi Tema 9 Kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 (K13) yang terdapat pada Pembelajaran 4 Subtema 1.

Kunci jawaban tematik Tema 9 Kelas 6 pada Subtema 1 Pembelajaran 4 terdiri dari 3 muatan pelajaran yaitu Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), PPKn dan Bahasa Indonesia.

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa menyerupai ini diharapkan sanggup membantu penerima didik khususnya siswa Kelas 6 SD/MI dalam melatih keterampilan menjawab soal Tema 9 yang nantinya mempunyai kegunaan pada dikala evaluasi harian (PH), penialain tengah semester (PAS), evaluasi final tahun (PAT), maupun pada dikala mengerjakan kiprah pekerjaan rumah (PR).

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Subtema 1 Pembelajaran 4

Ayo Mengamati

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas  Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 6 Halaman 42, 43, 46, 48, 49

Perhatikanlah gambar di atas! Tahukah kau benda apakah itu? Benda itu dibentuk oleh insan di bumi. Benda itu diluncurkan ke luar angkasa untuk memenuhi kebutuhan manusia, terutama untuk kebutuhan komunikasi.

Terdapat lebih dari 24.500 benda buatan insan yang beredar di luar angkasa (data dari SSN. (www.amazine.com).

Apa yang terjadi dengan benda-benda itu? Untuk apa sajakah benda-benda itu dibuat? Bagaimana cara insan meluncurkannya dari bumi?

Tahukah kau bahwa yang kau lihat itu yaitu gambar salah satu satelit buatan. Satelit buatan ini dikirimkan ke orbit bumi dengan tujuan tertentu.

Manusia telah usang meluncurkan satelit buatan untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Satelit buatan diluncurkan ke luar angkasa dengan memakai pesawat luar angkasa melalui roket.

Satelit tersebut akan mengumpulkan data dan informasi yang akan dikirimkan ke bumi. Ada banyak sekali misi dalam peluncuran satelit buatan manusia.

Diantaranya yaitu untuk keperluan komunikasi dan informasi. Tahukah kau misi lain satelit-satelit buatan manusia? Untuk mengetahuinya, mari kita simak percakapan Udin dan Made.

Udin : “Aku gres mengerti bahwa satelitlah yang membantu kita melaksanakan komunikasi dengan cepat dan akurat. Kata Ayah, berkat satelit, sekarang semua informasi tersedia dengan gampang dan cepat. Ayah bilang, dulu sangat sulit untuk memberikan pesan ke seluruh kampung. Masyarakat harus memakai kentongan yang dipukul keras-keras. Sekarang, saya tidak pernah melihat itu terjadi di daerah tinggalku!”

Made : ”Iya, Ayah dan Ibuku pun menceritakan hal yang sama. Sekarang, semua informasi sanggup disampaikan dengan cepat. Misalnya, jikalau ada tetangga yang sakit atau perlu bantuan, biasanya Pak RT memberi tahu warga lewat telepon atau pesan singkat. Bantuan pun segera datang.”

Udin : ”Itukah yang disebut dengan kehidupan masyarakat modern? Serba cepat dan sanggup menjangkau banyak orang dalam waktu yang singkat. Tetapi, Ayah menyampaikan ada juga beberapa hal yang harus diwaspadai oleh masyarakat modern. Ayah belum sempat menceritakannya kepadaku. Tahukah kamu, Made?”

Made : ”Ah, saya tahu itu! Saat ini gampang untuk mengetahui apa saja yang ingin kita ketahui! Pergi ke perpustakaan, yuk! Ada beberapa sumber informasi yang sanggup kita gunakan untuk menjawab pertanyaan itu! Kita bisa meminta proteksi pustakawan di sana untuk membantu kita. Pasti ada artikel yang telah membahas hal itu!”

Ayo Membaca

Dampak Sosial Modernisasi

Modernisasi banyak membawa dampak bagi kehidupan sosial masyarakat. Salah satunya yaitu usaha insan untuk berbagi ilmu pengetahuan dan teknologi.

Salah satu kebutuhan insan yang berkembang pesat yaitu kebutuhan teknologi komunikasi dan informasi. Perkembangan teknologi komunikasi berkembang sangat pesat dikala ini.

Komunikasi sekarang tidak dibatasi ruang dan waktu. Seluruh penghuni dunia berkesempatan untuk saling berkomunikasi dan berkirim informasi.

Sejak tahun 1976, Indonesia telah mempunyai satelit komunikasi yang diluncurkan ke luar angkasa untuk kebutuhan komunikasi.

Hingga kini, telah delapan kali Indonesia meluncurkan satelit komunikas. Satelit terakhir yang diluncurkan pada tahun 2017 yaitu Satelit Telkom 3S untuk menggantikan satelit komunikasi sebelumnya.

Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi juga memengaruhi kehidupan masyarakat. Teknologi industri yang semakin maju sanggup melipatgandakan hasil produksi dengan cepat dan dengan kualitas yang tinggi.

Selain itu, kemajuan teknologi juga membantu pendistribusian barang hasil produksi sehingga barang sanggup tersedia di mana saja dan kapan saja.

Kemajuan ilmu pengetahuan teknologi sebagai potongan dari modernisasi sanggup pula mengakibatkan kesenjangan dalam masyarakat.

Masyarakat yang sudah paham dan bisa memanfaatkan teknologi akan semakin maju. Sedangkan masyarakat yang belum bisa memanfaatkan kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan akan semakin tertinggal.

Ketertinggalan akan pemanfaatan teknologi sanggup borpotensi menjadikan konflik di masyarakat.

Masuknya dampak absurd merupakan salah satu dampak terbukanya sistem komunikasi dan informasi.

Pengaruh absurd tersebut banyak juga yang kurang sesuai dengan norma mayarakat di Indonesia, sehingga sanggup dengan gampang menjadikan ukiran dalam kehidupan sosial masyarakat.

Kemajuan bidang industri menjadikan pula dampak terhadap masyarakat. Contohnya yaitu dengan adanya pencemaran lingkungan jawaban acara industri.

Air, tanah, dan udara yang terkontaminasi terang akan membahayakan kehidupan masyarakatnya. Industrialisasi dengan memakai peralatan canggih pengganti tenaga insan juga berdampak pada masyrakat.

Dampak yang sangat kasatmata yaitu meningkatnya pengangguran. Hal ini disebabkan lantaran lapangan pekerjaan bagi mereka semakin sedikit.

Meningkatnya pengangguran sanggup mengakibatkan tindak kekerasan dan kriminalitas di dalam masyarakat.


Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 42

Ayo Mencoba

Lakukan kegiata berikut ini dengan memperhatikan instruksi yang diberikan.

A. Membuat Peta Pikiran

Dengan memakai bacaan di atas dan juga memakai sumber informasi lainnya yang sesuai, buatlah sebuah peta pikiran. Peta pikiranmu sebaiknya memuat beberapa hal berikut ini :
  1. Dampak modernisasi terhadap masyarakat, baik dampak positif maupun dampak yang merugikan yang perlu diwaspadai.
  2. Menjelaskan teladan setiap dampak yang disebutkan dalam artikel. Contoh lain sanggup didapatkan dari sumber informasi lain yang sesuai.
  3. Tulisan dan gambar keseluruhan harus terang dan gampang dibaca. Kamu sanggup memakai pensil warna atau spidol untuk memperjelas dan membuatnya menarik.

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas  Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 6 Halaman 42, 43, 46, 48, 49

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 43

B. Membuat Kliping Dampak Modernisasi Secara Sosial

Kamu telah memahami dampak modernisasi dari artikel dan acara sebelumnya. Sekarang buatlah kliping mengenai hal tersebut.

Lakukanlah acara ini secara berpasangan. Kumpulkanlah paling sedikit dua artikel dan gambar dari surat kabar, majalah, atau media lainnya. Carilah artikel dan gambar yang menjelaskan dampak modernisasi terhadap kehidupan masyarakat Indonesia. Sebelumnya, bacalah perintah pembuatannya berikut ini.
  1. Gunakanlah surat kabar, majalah, atau media lain sebagai sumbernya.
  2. Jelaskan artikel tersebut dengan memakai kata tanya : di mana, siapa, mengapa, kapan,dan bagaimana.
  3. Jangan lupa mencantumkan sumbernya
  4. Buatlah klipingmu semenarik mungkin semoga mengundang orang lain untuk membacanya. Tuliskan dengan kalimat sederhana bagaimana artikel dan gambar tersebut menjelaskan dampak modernisasi secara sosial

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas  Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 6 Halaman 42, 43, 46, 48, 49

Penggunaan kata tanya :

  • Mengapa pengaruh absurd menjadi dampak negatif perkembangan sistem komunikasi dan informasi?
  • Mangggunakan apa manusia apat menjelajah angkasa luar?
  • Diamana tempat bersandarnya kapal-kapal pengngkut barang?

Ayo Membaca

Bacalah dongeng fiksi berikut ini dengan saksama. Lalu, lakukanlah acara di bawahnya.

Proyek Rino Oleh Diana Karitas

”Kenapa, Rin? Kok mukanya cemberut begitu?” tanya Kak Argia membuyarkan lamunan Rino. Suasana rumah sepi. Ayah masih di kantor dan Ibu sedang bertandang ke rumah tetangga yang sedang sakit. Hari ini, Kakak Argia tidak ada kuliah, sedang Rino gres pulang sekolah. Masih dengan seragam lengkapnya, Rino duduk terdiam di teras rumah.

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas  Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 6 Halaman 42, 43, 46, 48, 49

“Ah, Kak Argi, saya sedang berpikir, bukan cemberut.” sangkal Rino. “Aku sedang memikirkan wacana proyek sekolah, Kak. Kami harus menciptakan sesuatu yang bisa dijual di Hari Pasar dua ahad lagi. Barang tersebut harus hasil buatan sendiri dan dilarang memakai materi yang mahal. Kata bu guru, supaya bisa dibeli oleh teman-teman lain di sekolah. Nah, saya sedang berpikir, kira-kira saya akan menciptakan apa.” terang Rino.

“Wah, itu proyek sekolah yang bagus! Dengan begitu kau dituntut kreatif dan juga berpikir ekonomis. Dulu waktu kakak seusiamu, kakak belum pernah sanggup kiprah menyerupai itu.” kata Kak Argia sambil mendekati Rino.

“Tapi itu kan kiprah yang sulit, Kak. Rino kan belum pernah punya pengalaman menyerupai ini. Mana ini kiprah perorangan, lagi.” kata Rino. Kali ini, ia benar-benar cemberut.

“Hei, Gurumu tahu kemampuan siswanya, sehingga tidak akan menunjukkan kiprah yang melebihi kemampuannya. Tugas ini boleh dibantu, kan?” hibur Kak Argia.

“Ah! Betul! Itu yang dikatakan Bu Guru. Tugas ini boleh dibantu orang tua. Tetapi, orang bau tanah hanya boleh mengarahkannya, dilarang mengerjakannya. Makara semua yang akan mengerjakan aku, Kak. Nah, tampaknya saya bisa minta tolong Kakak juga, dong!” Rino bersemangat menjelaskan instruksi Bu Guru tadi sebelum pulang sekolah. Kali ini, mata Rino berbinar-binar.

“Boleh. Hari ini Kakak tidak ada kuliah, jadi kita bisa memulainya sehabis kau makan siang. Sekarang, ganti baju seragammu, makan siang, terus kita kerjakan. Setuju?” kata Kak Argia sambil bergegas memasuki rumah. Rino pun senang bukan kepalang. Ia segera melaksanakan yang disarankan kakaknya dan siap di ruang tengah dalam waktu setengah jam.

Rino dan Kak Argia pun terlihat sibuk berdiskusi. Rino memegang buku dan pensil untuk menciptakan daftar barang-barang yang disukai teman-teman sebayanya yang bisa dibentuk sendiri. Ia menulis beberapa jenis makanan, mainan dan alat tulis. Ia juga menuliskan beberapa hingga hiasan menyerupai gantungan kunci, kartu pembatas buku, hingga hiasan dinding sederhana. Rino terlihat sangat bersemangat. Kak Argia pun terlihat sabar membantunya.

“Nah, dari daftar barang tersebut, kau tentukan barang yang gampang dibuat. Selain gampang di buat, barang tersebut juga harus disukai oleh temantemanmu, sehingga mereka mau beli,” saran Kak Argia. “Lalu, nanti kita akan cari tahu cara membuatnya,” terang Kak Argia.

“Cari tahu di mana, Kak? Kukira Kakak tahu cara membuatnya,” tanya Rino dengan wajah agak terkejut. Kak Argia tersenyum sambil meninggalkan Rino dan masuk ke kamarnya. Tak usang berselang, Kak Argia telah duduk di samping Rino dengan membawa komputer jinjingnya.

“Nah, mari kita gunakan teknologi untuk membantu memecahkan masalahmu, Rin! Kakak akan membantumu mencari tahu cara membuatnya melalui internet. Dengan internet, kita sanggup terhubung dengan banyak sekali situs yang sanggup membantu kita, tergantung bagaimana kita mencari dan menggunakannya. Di sini, kau juga bisa mencari pandangan gres untuk memilih bentuk gantungan kunci yang kau mau!” Kak Argia menjelaskan sambil tangannya lincah menggerakkan jarinya mencari yang ia perlukan melalui komputer jinjingnya.

Rino terkagum-kagum melihatnya. “Wah, Kakak hebat! Terima kasih sekali, Kak,” tatap Rino tak percaya.

“Tapi, Rin. Kamu hanya boleh memakai atau membuka situs-situs itu dengan ditemani Kakak atau orang dewasa lainnya, ya. Kamu anak-anak untuk membuka situs-situs melalui internet itu. Tidak semua yang sanggup terhubung dengan internet itu sesuai dengan usiamu,” terang Kak Rino.

“Baiklah, Kak Argia, yang penting kita bisa selesaikan proyek ini, ya! Terima kasih, lho Kak!” seru Rino riang.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 46

Dalam sebuah dongeng fiksi biasanya terdapat satu tokoh utama dan satu atau lebih tokoh tambahan. Tokoh keduanya biasanya ditentukan dengan melihat seberapa sering sang tokoh muncul dalam dongeng atau obrolan di dalam dongeng tersebut.

Kita juga sanggup memilih tokoh utama dan tokoh perhiasan dengan melihat jalan cerita, dan wacana siapa dongeng tersebut. Tokoh perhiasan biasanya mendukung tokoh utama dalam dongeng fiksi. Peran tokoh perhiasan salah satunya untuk memperjelas tabiat tokoh utama.

Lakukanlah acara berikut ini dengan mengikuti petunjuknya.

1. Sediakan kertas ukuran A4 atau folio. Gunakan format diagram berikut ini untuk menuliskan tokoh utama, tokoh tambahan, watak, dan daerah terjadinya dongeng fiksi “Proyek Rino”.

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas  Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 6 Halaman 42, 43, 46, 48, 49

2. Pada daerah yang disediakan, tuliskan isi dongeng dari dongeng fiksi di atas.

Watak Tokoh Utama : Antusias, bertanggung jawab

Watak Tokoh Tambahan : Bijaksana, sabar

Gambar Tempat Peristiwa : Rumah Rino

Hubungan antara Tokoh Utama dan Tokoh Tambahan : Hubungan keluarga/Hubungan kakak beradik.

Isi Cerita : Rino berpikir keras dikala pulang sekolah, ia menerima kiprah dari gurunya untuk menciptakan proyek sekolah. Kakaknya yang berjulukan Argia bertanya kepada Rino wacana duduk kasus yang sedang dihadapi. Rino kemudian bercerita kepada kakaknya. Kakaknya yang baik segera membantu permasalahan yang dihadapi Rino dengan memanfaatkan internet, yaitu wacana banyak sekali cara menciptakan barang-barang yang diharapkan Rino untuk dijual di sekolah dalam acara proyek sekolah. Kakak Rino juga menasihati semoga Rino bijaksana dalam memakai internet.

Ayo Membaca

Makna Persatuan dan Kesatuan dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Indonesia merupakan sebuah negara kesatuan yang terdiri atas banyak sekali suku, bahasa, dan susila budaya. Makna kesatuan di dalamnya yaitu Negara Indonesia sebagai bentuk persatuan dari kumpulan suku-suku di Indonesia yang bermacam-macam dan mendiami wilayah geografis pulau-pulau di Indonesia. Dari segi geografis, kita sanggup melihatnya dari peta wilayah Indonesia. Pengertian wilayah Indonesia berarti potongan bumi yang membentang dari 95° hingga 141° Bujur Timur dan 6° Lintang Utara hingga 11° Lintang Selatan. Wilayah Indonesia yang terbentang dari Sabang hingga Merauke, sesuai dengan batas-batas wilayahnya.

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas  Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 6 Halaman 42, 43, 46, 48, 49

Makna persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yaitu juga rasa senasib dan sepenanggungan sebagai bangsa yang bermukim di dalam wilayah itu. Senasib dikarenakan telah berhasil menjadi bangsa yang merdeka dan membentuk negara kesatuan yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia juga bermakna semangat bagi para perjaka bangsa yang berikrar dalam Sumpah Pemuda. Para perjaka dari banyak sekali suku bangsa berikrar pada sebuah kongres perjaka tahun 1928. Kesadaran terhadap pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa menjadi tonggak sejarah bersatunya tekad perjaka Indonesia. Para perjaka bertekad untuk Indonesia yang bersatu dan Indonesia sebagai sebuah kesatuan.

Pada masa usaha kemerdekaan Indonesia, istilah “Persatuan Indonesia” merupakan hal yang sangat penting untuk memacu semangat usaha bangsa. Hal tersebut juga tercantum pada Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang berbunyi: “Dan usaha pergerakan Indonesia telah sampailah pada dikala yang berbahagia dengan selamat sentosa menghantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan Negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur”.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 48-49

Bersama dengan sobat sebangkumu jawablah beberapa pertanyaan berikut ini.

1. Apa makna persatuan dan kesatuan bangsa dari bacaan tersebut?

Makna persatuan dan kesatuannya yaitu Negara Indonesia sebagai bentuk persatuan dari kumpulan suku-suku di Indonesia yang bermacam-macam dan mendiami wilayah geografis pulau-pulau di Indonesia.
Makna persatuan dan kesatuan juga diartikan rasa senasib dan sepenanggungan sebagai bangsa yang bermukim di dalam wilayah Indonesia. Makna persatuan dan kesatuan juga berarti semangat bagi para perjaka bangsa yang berikrar dalam Sumpah Pemuda.

2. Apa makna persatuan bangsa menurutmu sendiri?

Perbedaan-perbedaan yang ada tidak menjadi sumber perpecahan, tetapi justru menjadi sumber persatuan bangsa. Persatuan dan kesatuan menjalin rasa kebersamaan dan saling melengkapi antara satu dengan yang lain.

3. Bagaimana persatuan dan kesatuan bangsa diupayakan oleh para pendiri bangsa?

Diawali dengan berdirinya Budi Utomo tahun 1908, sebagai organisasi persatuan pertama di Indonesia, dilanjutkan dengan ikrar Sumpah Pemuda tahun 1928 dan puncaknya yaitu adanya Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia tanggal 17 Agustus 1945.

4. Bagaimana makna persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dikala ini? Berikan beberapa contoh!

Persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dikala ini terus dipelihara, lantaran sangat penting bagi bangsa Indonesia yang mempunyai ratusan suku dan susila budaya. Dengan tetap adanya persatuan maka rasa kebersamaan, perilaku toleransi, kekeluargaan dan saling melengkapi akan tetap terjaga.

Contohnya :
  • Mempelajari seni budaya dan kearifan lokal demi menjaga budaya Indonesia dari dampak gempuran budaya asing
  • Menjalin silaturahmi dengan kerabat dan warga sekitar
  • Tidak membeda-bedakan suku, ras, ataupun agama yang akan menciptakan perpecahan

5. Carilah satu isu utama wacana insiden yang terjadi di Indonesia. Berita utama tersebut berkaitan dengan persatuan dan kesatuan bangsa. Bacalah isu utama tersebut dengan saksama. Diskusikan dengan sobat sebangkumu wacana makna persatuan dan kesatuan yang ada di dalam isu utama tersebut.

Makna Persatuan dan Kesatuan Bangsa dalam Semboyan Negara Indonesia

Persatuan dan kesatuan berasal dari kata “satu” yang mempunyai arti utuh atau tidak terpecah-belah. Kata persatuan sanggup diartikan sebagai perkumpulan dari banyak sekali hal menjadi satu. Kesatuan merupakan hasil perkumpulan tersebut yang telah menjadi satu dan utuh. Persatuan dan kesatuan mempunyai makna “bersatunya beraneka ragam Suku Bangsa menjadi satu kesatuan yang utuh dan serasi.” Persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia sanggup diartikan sebagai persatuan bangsa atau negara yang menduduki wilayah Indonesia. Persatuan itu didorong untuk mencapai kehidupan yang bebas dalam wadah negara yang merdeka dan berdaulat.

Persatuan dan kesatuan bangsa mempunyai makna yang sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara masyarakat Indonesia. Bangsa Indonesia yang tinggal dalam negara kepulauan mempunyai keragaman budaya, agama, suku bangsa, bahasa, dan susila istiadat. Namun demikian, mereka terikat satu sama lain lantaran mempunyai kesamaan-kesamaan yang memengaruhi kehidupan masyarakatnya. Kesamaan-kesamaan dan keterikatan yang terbangun dari semenjak zaman nenek moyang telah disebutkan dalam kitab yang ditulis Mpu Tantular, yaitu Kitab Sutasoma. Di dalam kitab tersebut menyebutkan wacana Bhinneka Tunggal Ika.

Bhinneka Tunggal Ika berasal dari bahasa Jawa Kuno yang dipakai Mpu Tantular yang hidup pada masa Kerajaan Majapahit. Bhinneka Tunggal Ika mempunyai makna meskipun berbeda-beda tetapi satu kesatuan utuh yang tidak sanggup dipisahkan. Begitu dalamnya makna di dalam kalimat tersebut, sehingga Bhinneka Tunggal Ika menjadi semboyan bangsa Indonesia dan menjadi potongan dari lambang Negara Indonesia. Hal ini dimaksudkan semoga bangsa Indonesia yang sangat bermacam-macam ini terus mengingat pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa sebagai bangsa yang utuh dan berdaulat.

Di dalam perkembangannya, masyakarat Indonesia terus berusaha mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa di tengah perubahan yang terjadi di seluruh dunia. Namun demikian, semboyan Bhinneka Tunggal Ika masih tetap sesuai dengan zaman modern dikala ini. Bahkan, bangsa lain mengakui kemampuan bangsa Indonesia untuk tetap bersatu mengatasi perbedaan dalam kehidupan masyarakat dikala ini.

Demikian Artikel yang berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 6 Halaman 42, 43, 46, 48, 49

Terima kasih ya sudah membaca artikel ini, semoga pembahasan soal-soal latihan yang ada pada buku siswa Kelas 6 Tema 9 Kurikulum 2013 (K13) sanggup menunjukkan manfaat bagi pembaca di manapun berada.

Sumber https://www.sanjayaops.com/
FAST DOWNLOADads
| Server1 | Server2 | Server3 |
Download
Next Post Previous Post